4 Bulan di America: its not like Hollywood movies (Part 1)

Kupu-kupu serasa terbang di dada dan perutku sewaktu membaca email hari itu. I’m happy to dearth … 😀

email from AMINEF

Artinya saya dinyatakan sebagai penerima beasiswa atau awardee dari Community College Faculty and Administrator Program. Sayangnya, program ini hanya di adakan AMINEF dalam dua tahun yakni tahun 2011-2012, sesudah itu hingga sekarang tidak dilaksanakan lagi. Program ini adalah program internship yang ditujukan untuk dosen-dosen Politeknik di seluruh Indonesia. Awardee akan menerima berbagai pelatihan, kunjungan bahkan sesekali diberi kesempatan mengajar atau menjadi assistant Professor (di Amerika, dosen di sapa dengan panggilan Professor) di Community College di sana. Saya kurang begitu tahu tiap tahunnya berapa yang mendaftar, untuk mendaftar setiap Politeknik berhak mengusulkan dua orang. Sampai di tahap interview jumlah shortlist adalah 40 orang, untuk kemudian ditetapkan 20 nama saja, dari 10 Politeknik.

Karena program ini ditujukan untuk pengembangan profesional (baik sekali ya AMINEF.. di America dan gratis lagi 😀 ) yang dapat terlihat dari jadwal kami yang sudah disiapkan dari hari pertama kami tiba di America yang padat dengan jadwal workshop dan seminar, minimal dalam satu bulan kami diikutkan paling sedikit 2, biasanya bisa sampai 4-5..wow!.    Oke, seusai menerima email tersebut, pengurusan berbagai dokumen pelengkap disiapkan mulai dari cek kesehatan, imunisasi, ikut PDO (pre-departure Orientation), dan pengurusan visa. Salut buat AMINEF yang membimbing kami dan semua awardee AMINEF lainnya dengan detail sehingga segala pengurusan berjalan lancar. Satu bulan sebelum kami berangkat, saya baru tahu bahwa ada beberapa rekan kami yang akan lebih dulu berangkat  untuk mengikuti kelas Bahasa Inggris selama 1 bulan di sana. Total kami 20 orang, pasangan dari kampus kami atau administrator (pembuat kebijakan  di kampus ato dosen senior) ditempatkan di salah satu Community College di Hawaii. Sementara kami yang faculty (dosen pleg…tanpa embel-embel) ditempatkan di Highline Community College, di Washington State (bukan Washington DC ya..:D). Karena program pengembangan profesional ini sudah dirancang sedemikian rupa sehingga seusai dengan peran kami sekembalinya ke Indonesia.

Akhirnya hari yang sangat saya tunggu-tunggu tiba, yaitu 14 Agustus 2012, staff AMINEF sudah mengkonfirmasi tiket menuju Jakarta, perjalanan panjang pun dimulai… (bersambung ke part 2).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: