5 Beasiswa Luar Negeri yang Populer di Indonesia (Amerika, Eropa dan Inggris)

Berdasarkan sebuah survey yang dilakukan oleh sebuah media cetak dan online di sembilan kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogya, Palembang, Medan, Makassar dan Manado) didapati urutan mulai dari tertinggi hingga terendah 10 beasiswa luar negeri terpopuler di Indonesia.

Tulisan kali ini adalah lanjutan dari tulisan sebelumnya yang bisa di baca disini. Karena tulisan sebelumnya telah membahas 5 beasiswa urutan 1-5, tulisan kali ini akan membahas lima beasiswa lainnya (dan nomornya sengaja di mulai dari no 6-10). Selain ulasan mengenai beasiswa tersebut, saya sertakan juga dengan link ke situs web pemberi beasiswa tersebut. Semoga tulisan ini bermanfaat.

  1. Beasiswa German Academic Exchange Service (DAAD) (8%)

Jerman merupakan negara dengan kualitas pendidikan kelas dunia. Negara yang indah, kota yang dinamis dan masyarakat yang terbuka, menjadikan beasiswa ini menjadi salah satu yang diincar oleh mahasiswa Indonesia. Beasiswa DAAD merupakan beasiswa dari Pemerintah Jerman bagi negara-negara berkembang seperti Afrika, Asia, Amerika dan Eropa Timur. Sebagai destinasi kuliah Jerman menduduki peringkat ketiga bagi para pelajar seluruh dunia. Beasiswa DAAD merupakan beasiswa penuh yang mencakup biaya studi, asuransi kesehatan, biaya hidup, tiket perjalanan PP serta tunjangan lainnya. Beasiswa di berikan untuk jenjang S2, S3 dan post doctoral.

Website :

https://www.daad.de/deutschland/stipendium/hinweise/en/27334-frequently-asked-questions/

  1. Beasiswa Erasmus + (8%)
    Masih di benua yang sama yaitu Eropa, beasiswa Erasmus merupakan salah satu beasiswa favorit yang diincar mahasiswa Indonesia untuk dapat belajar di negara-negara Uni Eropa. Beasiswa berlaku untuk ke jenjang S2, S3 dan post doktoral. Sebelumnya beasiswa ini bernama Erasmus Mundus, namun sejak 2014 berubah nama menjadi Erasmus+. Bidang ilmu yang ditawarkan mencakup teknologi, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, bisnis, ilmu ekonomi, hukum serta ilmu pengetahuan budaya/sastra.

Website :

https://eeas.europa.eu/headquarters/headquarters-homepage/7837/uni-eropa-berikan-beasiswa-erasmus-plus-kepada-lebih-dari-160-mahasiswa-indonesia-untuk_id

  1. Beasiswa Fulbright (8%)

Belum lengkap rasanya, jika belum membahas beasiswa dari salah satu lembaga beasiswa tertua di Indonesia dengan lebih dari 60 tahun kerja sama. Beasiswa Fullbright yang juga dikenal dengan sebutan AMINEF, menawarkan berbagai program mulai dari Master Degree Programs, Doctoral Degree Programs dan Fullbright-DIKTI program. Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh yang mencakup biaya hidup, biaya kuliah, asuransi kesehatan dan tiket perjalanan.

Waktu pendaftaran : Deadline Februari setiap tahun (bisa berubah sesuai kebijakan)

Website :

Untuk Master Degree Program Scholarship

https://www.aminef.or.id/grants-for-indonesians/fulbright-programs/scholarship/fulbright-masters-degree-scholarship/

Untuk Doctoral Degree Program Scholarship

https://www.aminef.or.id/grants-for-indonesians/fulbright-programs/scholarship/fulbright-doctoral-degree-phd-scholarship/

  1. Beasiswa Gates Cambridge (7%)
    Beasiswa ini merupakan beasiswa yang paling spesifik dibanding sembilan beasiswa lainnya. Karena beasiswa ini hanya ditujukan bagi pelamar yang hendak belajar di Universitas Cambridge Inggris. Beasiswa ini diinisiasi oleh Bill Gates dan Melinda Gates Foundation. Setiap tahunnya hanya diberikan kuota yang terbatas yakni 90 kuota saja. Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh.

Waktu Pendaftaran : Mulai 4 September 2017 untuk tahun akademik 2018

Website :

https://www.gatescambridge.org/apply/deadlines

  1. Beasiswa Chevening (5%)
    Masih dari negara yang sama dengan beasiswa sebelumnya, beasiswa Chevening merupakan beasiswa yang diberikan dari Foreign and Commonwealth Office bagi para pelamar untuk belajar di berbagai Universitas di Inggris. Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh yang mencakup biaya studi, biaya hidup, visa, tiket perjalanan dan kegiatan lainnya.

Waktu Pendaftaran : 7 Agustus 2017-7 November 2017

http://www.chevening.org/indonesia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: