Apa itu IELTS dan TOEFL?

Hai, pengejar cita-cita. Jika kamu ingin studi ke luar negeri apalagi ke negara-negara seperti Amerika, Canada, Inggris dan Australia maka kamu harus tahu apa itu IELTS dan TOEFL. Tulisan kali ini akan sedikit memberikanmu gambaran tentang apa itu IELTS dan TOEFL, dengan porsi yang lebih banyak akan membahas tentang IELTS.

IELTS adalah kepanjangan dari International English Language System

TOEFL adalah kepanjangan dari Test of English as Foreign Language

Ticking right answers
Portrait of pensive student carrying out test at lesson

Tes TOEFL ada dalam bentuk iBT (Internet Based Test) dimana kamu tes secara online, ITP (Institutional Testing Program) biasanya adalah paper based test dan sering digunakan di Asia.

IELTS biasanya diminta atau digunakan oleh negara-negara atau Universitas yang berbasis di UK dan Australia. Sedangkan TOEFL Test biasanya digunakan oleh negara-negara yang menggunakan US English seperti Canada dan Amerika. Tapi tidak menutup kemungkinan salah satu atau kedua tes tersebut juga menjadi syarat untuk diterima di Universitas di Eropa seperti di Belanda dan Jerman.

Untuk lebih jelas menggambarkan seperti apa IELTS atau TOEFL, kamu bisa melihat tabel yang Β saya buat berikut ini.

tabel beda TOEFL dan IELTS

Mungkin kamu pernah tes TOEFL tapi belum pernah tes IELTS atau sebaliknya. Dan kamu penasaran untuk membandingkan skor TOEFL dengan skor IELTS atau sebaliknya. Kamu bisa melihat perbandingan antara skor TOEFL dan IELTS di tabel berikut.

comparison_3

Jika kamu ingin melanjutkan studi S2 di Amerika, Inggris, Canada atau Australia skor yang biasanya diminta adalah TOEFL 500-550 atau IELTS 5.5-6.5 tergantung pada Universitas dan Jurusan yang dipilih, jurusan tertentu bisa memiliki syarat yang lebih tinggi seperti Law dan Management. Sedangkan untuk S3 skor minimal yang disyaratkan adalah TOEFL 550 dan IELTS 6.5.

Apa artinya skor IELTS 0-9. Kamu bisa melihatnya pada tabel berikut yang saya sadur dari www.britishcouncil.org (terjemahannya adalah tambahan dari saya).

Penjelasan Skor IELTS

Saya masih akan mengupas tentang IELTS dalam tulisan selanjutnya, jika kamu ingin saya menulis tentang topik tertentu seputar tes TOEFL atau IELTS silahkan tuliskan pendapatmu di komentar di bawah.

Semoga artikel ini bermanfaat,

Salam saya

Ane Namotemo

Iklan

3 thoughts on “Apa itu IELTS dan TOEFL?

Add yours

  1. Thanks Ane for writing it πŸ’»βœπŸ‘
    πŸ’‘πŸ”Žvery helpful for me to know more about IELTS and TOEFL
    (Even, for now, I’m not about to apply for study abroad… hopefully, in the future… at least, i have some pictures of it from yours) 😘😘

    Suka

    1. Hi, Emmy thanks for your kind words and constant support as always, really appreciate it…I’ve made another website to talk about IELTS and TOEFL (but it’s still in a growing process of its content) you can dive in there for getting to know more about IELTS and TOEFL (www.easywaylearningenglish.com), since I would like to diversify my personal blog and educational blog (as well this ambitious blogging desire had exhausted and didn’t let me to get rest as much as I dreamed for πŸ˜€ ). One day you should try to apply for a scholarship. The sky is the limit πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: