Beberapa Tips menghadapi tes IELTS Academic (Listening dan Reading Section)

Hai pengejar cita-cita, sebagaimana janji saya sebelumnya (meski ga ada yang menagih :D) saya akan kupas tentang tes IELTS. So, tanpa basa basi lebih jauh, saya langsung saja.

IELTS LISTENING

Ielts listening berlangsung selama 40 menit, dengan 30 menit untuk mengerjakan soal dan 10 menit ekstra untuk mentransfer lembar jawaban ke lembar soal.

Dalam sesi Listening, kamu akan mendengar 4 percakapan (termasuk monolog). Semakin ke belakang percakapan yang kamu dengar biasanya topiknya semakin sulit terutama di sesi terakhir yang biasanya adalah sebuah monolog (satu orang pembicara yang berbicara). Berbeda dengan TOEFL, bentuk soal dalam IELTS listening bermacam-macam ada pilihan ganda, mengisi formulir, melengkapi tabel, peta, bagan atau gambar. Dalam bagian terakhir ada monolog yang bisa jadi cuplikan kuliah atau penjelasan dari seseorang tentang sebuah topik. Topik dalam monolog ini beragam ada maritim, mamalia, dan lainnya, yang pasti topik yang kita jarang dengar sehari-hari :D.

Hal apa yang perlu kamu perhatikan untuk mengikuti tes listening IELTS.

Yang pertama adalah konsentrasi, rileks dan jangan mengabaikan istirahat yang cukup di malam sebelum kamu tes agar kamu mudah untuk menyimak dan mendengarkan.

Yang kedua, sebelum tes IELTS biasakan untuk mendengarkan British accent dan perkayalah kosa katamu termasuk sinonim berbagai kata. Untuk melatih Britis Accent kamu bisa ke www.bbc.com atau ke www.britishcouncil.org.

Yang ketiga, dalam 30 menit pertama fokuslah pada menjawab pertanyaan di lembar soal jangan dulu pindahkan jawabanmu ke lembar jawaban. Gunakan 10 menit tambahan untuk melakukannya, agar kamu tetap focus pada mendengarkan.

Yang keempat, berhati-hatilah dengan penyebutan angka, penyebutan dan penulisan tanggal (menggunakan British English) pengejaan nama orang dan angka yang dikoreksi dalam percakapan

Yang kelima, bacalah instruksi dengan hati-hati, jika tertulis please write your answer “no more than three words and/or a number” maka jawabanmu tidak boleh melebihi tiga kata dengan satu angka.

 IELTS READING

Dalam sesi IELTS reading kamu akan diberikan waktu 60 menit untuk menjawab 40 soal. Dalam IELTS reading kamu akan mendapati tiga teks bacaan dengan topik-topik yang beragam (dan biasanya sulit dimengerti). Soal yang diberikan di IELTS reading juga bermacam-macam, ada pilihan ganda, melengkapi bagan, menjodohkan rangkuman atau keterangan dengan paragraph. Jika melihat pada waktu, soal dan jumlah soal yang harus dijawab, maka kamu tidak bisa mengerjakan IELTS reading dengan santai. Beberapa tips dari saya untuk IELTS Reading adalah

Yang pertama, berlatihlah scanning. Scaninng yaitu teknik membaca cepat untuk menemukan kata-kata kunci (keywords). Ini perlu kita kuasai sehingga ketika mencari jawaban atau kata tertentu bisa dengan cepat kita lakukan

Yang kedua, berlatihlah skimming. Skimming yaitu teknik membaca cepat untuk menemukan topik utama dari sebuah paragraph.

Kedua teknik ini sangat penting untuk kamu latih dan kuasai terlebih dulu agar memudahkan kamu menjawab soal IELTS dalam waktu cepat.

Yang ketiga, jangan pernah membaca pelan di tes Reading IELTS. Waktu yang kamu miliki sangat terbatas, apabila ada soal yang kamu rasa sulit untuk dijawab dalam waktu dua menit, lewati saja dulu, ketika kamu sudah menyelesaikan menjawab soal terakhir gunakan waktu sisa untuk kembali menjawab soal sulit tersebut.

Yang keempat, jangan berusaha untuk membaca dan memahami seluruh teks lebih dulu. Waktu yang kamu miliki tidak cukup untuk itu, saran saya bacalah judul dan paragraph pertama dan terakhir dengan cepat kemudian mulailah membaca soal dan menjawabnya. Teks di IELTS reading biasanya adalah yang paling sulit dibanding session lainnya.

Yang kelima atur waktumu dengan baik, Kerjakan sesingkat mungkin sesi pertama aga bisa menyisakan banyak waktu untuk mengerjakan sesi kedua dan ketiga dan bisa kembali mengecek soal-soal yang kamu belum yakin menjawabnya

Oke, cukup dulu dari saya untuk kedua session tersebut

Tips untuk IELTS speaking dan writing akan ada di tulisan terpisah

Terima kasih sudah membaca

Salam saya

Ane Namotemo

 

Untuk lebih detail mendengarkan tips IELTS bisa klik gambar di bawah ini

12 kata (9)

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: