Beberapa Tips menghadapi tes IELTS Academic (Speaking Section)

Hai para pengejar cita-cita, tulisan ini merupakan lanjutan tulisan sebelumnya yang membahas tentang IELTS section untuk listening dan reading (bisa kamu baca disini). Kali ini saya akan membagikan tentang speaking section di IELTS tes.

Speaking section dalam tes IELTS terbagi dalam 3 bagian. Pada bagian pertama adalah perkenalan dimana kamu akan memperkenalkan diri dan menjawab beberapa pertanyaan tentang dirimu. Pertanyaan biasanya seputar topik yang cukup familiar seperti kota asal, pekerjaan atau studimu, hobby dan lainnya.

Di bagian kedua, kamu akan diberikan sebuah kartu yang berisi sebuah topik serta beberapa pertanyaan terkait topik tersebut. Selanjutnya kamu akan diberikan waktu 2-3 menit untuk menjelaskan topik tersebut.

Pada bagian ketiga kamu akan kembali diberikan beberapa pertanyaan dengan topik yang biasanya masih berkaitan dengan topik di bagian dua hanya saja dalam pembahasan yang lebih luas atau abstrak.

Apa saja yang perlu kamu persiapkan untuk menghadapi sesi ini.

Yang pertama adalah banyaklah berlatih. Carilah teman yang dapat mengkoreksi speaking mu, jika tidak gunakan voice recorder HPmu agar kamu bisa mendengar dan mengkoreksi percakapanmu sendiri. Semakin banyak kamu berlatih akan membantu kamu untuk semakin lancar berbicara Bahasa Inggris.

Yang kedua, berlatihlah menggunakan berbagai bentuk tenses, future, past, progressive, dan sebagainya agar kamu semakin terbiasa dan belajar menggunakannya dengan tepat

Yang ketiga perkaya kosa katamu, cobalah untuk memperkaya kosakata dalam berbagai topik yang biasanya muncul dalam IELTS test. Misalnya dalam topik tentang food, buatlah kumpulan kata-kata yang bisa kamu gunakan untuk topik tersebut seperti ingredients, culinary, taste, dessert, main course  dan lainnya.

Kemudian hindarilah menggunakan kalimat atau frase yang sama berulang kali seperti…

I think

Kamu bisa menggantinya dengan frase seperti In my opinion, in my consideration, as far as I’m concerned dan sebagainya.

Very good/bad

Ada banyak ungkapan yang bisa kamu gunakan untuk menggantikan very good ada excellent, outstanding, awesome, impressive dan sebagainya

Yang keempat gunakan waktu semaksimal mungkin, jangan menjawab dengan jawaban-jawaban pendek, berikan penjelasan atau contoh agar kalimat yang kamu gunakan cukup panjang dan kaya.

Terima kasih sudah membaca, tips untuk IELTS reading akan saya bagikan di tulisan selanjutnya

Salam saya

Ane Namotemo

Tips lebih detailnya bisa kamu cermati dalam video berikut.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: