TIPS IELTS WRITING TASK 1

Semangat pagi para pengejar cita-cita!.  Setelah sebelumnya saya sudah menulis berbagai tips tentang IELTS Speaking, Listening dan Reading tiba saatnya menulis tips untuk session IELTS yang selalu jadi momok bagi peserta IELTS (maksudnya aku :D) yaitu IELTS writing. Berhubung sulitnya session ini (lebay) tulisan ini saya bagi menjadi dua part, untuk membahas masing-masing task di IELTS Writing.

Bagi yang sudah pernah mengambil Tes IELTS pasti sudah tahu kalo IELTS Writing terdiri dari dua task, yaitu task 1 yang biasanya berisi grafik/pie chart/line graph/table/flow chart/peta dengan maksimum penulisan 150 kata dalam waktu 20 menit. Kemudian task 2 yang biasanya merupakan sebuah essay mengenai pendapat kita tentang topik tertentu dengan pro dan kontranya, dengan jumlah kata sebanyak 250 kata dalam waktu 40 menit.

Beberapa tips tentang IELTS berbunyi agak sama yaitu supaya mengerjakan task 2 yang  lebih sulit terlebih dulu sesudah itu mengerjakan task 1.

Beberapa tips dalam mengerjakan IELTS Writing Task 1.

  1. Buatlah tulisanmu dalam 3 paragraf yang terdiri dari :

Introduction paragraph

Di paragraf ini parafrasekan (tuliskan kembali dengan kata-katamu sendiri, semakin baik parafrasemu semakin bagus) soal task 1. Kemudian berikan gambaran umum, atau gambaran sekilas dari data yang disajikan (tidak perlu menyertakan angka-angka di paragraph ini).

Supaya kosakatamu untuk paragraph ini semakin kaya kamu bisa menggunakan kata-kata berikut ini:

IELTS Writing Task 1- Vocabulary

Contoh kalimat yang bisa kamu gunakan :

  1. The provided diagram shows data on female and male employment in tourism industry in the US starting from 1925 until 1985.
  2. The given pie charts represent the proportion of male and female students in Vocational College in Austria from 1980 to 2010.
  3. The chart gives information on expenditures of four European countries namely Germany, Italy, Britain and France.
  4. The bar graph compares the number of male and female graduated in three developing countries while the table data presents the overall literacy rate in these countries.

Body Paragraph

Paragraf ini biasanya berisi dua hal tergantung pada pertanyaan, yaitu :

  • Informasi penting dari data yang disajikan (tidak perlu menjelaskan semua informasi yang ada)
  • Membandingkan berbagai data yang ada

Atau bisa juga berisi kedua hal tersebut di atas, dimana kamu diminta membandingkan dan menjelaskan informasi penting mengenai data yang diberikan.

Conclusion Paragraf

Dalam paragraph ini kamu bisa memberikan kesimpulan atau gambaran umum dari data yang disajikan.

  1. Gunakan kosakata sevariatif mungkin

Hindarilah menggunakan kata-kata yang sama lebih dari satu atau dua kali, contohnya :

Increased : rise/arise/climb/upsurge/soar/uplift

Pilihan berbagai kata lainnya yang bisa digunakan untuk writing Task 1, dapat kamu lihat pada gambar-gambar berikut (tabelnya saya perindah, supaya kamu tidak terpaksa membaca :D)

4

1

2

3

Akhirnya kamu telah selesai membaca tips dari saya, mudah-mudahan bisa saya lanjutkan ke tips untuk IELTS Writing Task 2. Terima kasih, sudah membaca hingga selesai.

Good luck for your IELTS test,

Salam saya

Ane Namotemo

12 kata (9)

4 respons untuk ‘TIPS IELTS WRITING TASK 1

Add yours

Tinggalkan komentar

Situs yang Dikembangkan dengan WordPress.com.

Atas ↑